Rabu, 31 Juli 2019

sejarah Transportasi laut


SAMPAN ATAU PERAHU
Perahu yang dikenal pertama kali dikenal pada masa Neolitikum, sekitar 10.000 tahun yang lalu. Kapal-kapal awal ini memiliki fungsi yang terbatas: mereka dapat bergerak di atas air, tetapi hanya itu.






Terutama digunakan untuk berburu dan memancing. Kano tertua yang ditemukan arkeolog sering dibuat dari batang pohon coniferous, menggunakan peralatan batu sederhana
Sebuah perahu adalah kendaraan air, biasanya lebih kecil dari kapal laut. Beberapa perahu biasanya dibawa oleh kapal laut. Akan tetapi kata perahu ini sebenarnya mengalami penyempitan makna, karena setidaknya sampai abad ke-17, perahu merujuk kepada kapal besar (lihat perahu K'u-lun), bahkan galleon Barat pun dulunya dikategorikan sebagai perahu, sampai digantikan oleh kata "kapal" pada bahasa Indonesia dan bahasa Melayu modern, yang sejatinya berasal dari rumpun bahasa Dravida "kappal".[1] Kata ini mulai muncul pada literatur Tamil sebagai kata கப்பல் (kappal) setelah abad ke-17.Kendaraan yang disebut "perahu" pada masa modern, dulu disebut sebagai sampan.

PERAHU LAYAR
Sekira 3.000 tahun sebelum masehi, orang Mesir Kuno telah mengetahui bagaimana merakit papan kayu ke dalam lambung kapal. Mereka menggunakan tali pengikat untuk merapatkan papan. Kapal layar adalah kapal yang digerakkan dengan menggunakan layar yang memanfaatkan tenaga angin sebagai pendorongnya.
Pada abad ke-14 hingga abad ke-18, teknologi navigasi masih tetap primitif. Ketiadaan teknologi ini tidak menghalangi beberapa peradaban untuk menjadi penguasa laut. Contohnya termasuk republik maritim Genoa dan Venesia, Hanseatic League, dan angkatan laut Bizantium.
Konstruksi Kapal ini umumnya terbuat dari kayu dan cukup lama digunakan sebagai tulang pungung pelayaran baik bersifat sipil maupun militer sampai penemuan mesin uap dan kapal besi/baja pada abad ke 19.

Kapal Uap


Kapal uap pertama buatan Fulton adalah sebuah kapal aneh dengan roda kayuh di sisi lambungnya yang dicoba di Perancis pada tahun 1803. Dalam perjalanan percobaannya di sungai Seine kapal itu berjalan baik dan bergerak hilir-mudik seperti kecepatan orang berjalan tergesa-gesa di daratan.
Tetapi lambung kapal yang ringan tidak seimbang dengan ketel uapnya yang besar dan dengan mesin yang berbobot terlalu berat. ”CLERMONT” yang tenaga uapnya dilukiskan dalam gambar yang diajukan oleh Fulton kepada kantor Patent Amerika Serikat ini melakukan pelayaran cemerlangnya yang pertama di sungai Hudson pada tahun 1807. Bila dibandingkan dengan pendahulunya, perbaikannya adalah pada mesin “Boulton dan Watt” yang lebih kuat dan efisien dan pada lambung rancangannya lebih sempurna untuk membawa mesin itu.
Kapal layar uap maupun kapal yang menyeberangi Atlantik dengan tenaga uap semata-mata mendekatkan manusia pada kapal modern yang sesungguhnya. Tetapi kemajuan drastis dari Great Western, kapal kayu beroda yang sisinya di samping itu sampai Mauretania yang perkasa hanya mungkin berkat pertemuan tiga kemajuan teknik yang vital selama abad ke 19. Charlotte Dundas kapal uap yang pertama yang berhasil konstruksinya dibangun tahun 1803 untuk seorang bangsawan Inggris Lord Dundas dan diberi nama isterinya. Bulan Maret 1803 kapal ini menghela dua tongkang bermuatan di terusan Fort dan Clyde. Tetapi pelayaran selanjutnya dilarang pihak pemilik terusan yang mengkhawatirkan alun ombak roda lambungnya akan merusak tebing terusan.
KAPAL LAUT TURBIN

 



Pada tahun 1894, C A Parsons membuat kapal turbine 42 ton, panjangnya 30,3 meter dan melengkapinya dеngаn turbine uap уаng dirancangnya sendiri. Kapal іtu berhasil mencapai kecepatan 34,5 knot.
Ditambah dеngаn menggunakan gigi reduksi (reduction gear) maka turbine uap semakin berhasil ѕеbаgаі mesin pendorong (propulsion engine).
Pada saat sekarang turbine uap dеngаn tenaga/output уаng tinggi dibuat dan digunakan pada kapal-kapal berukuran raksasa dеngаn kecepatan уаng tinggi seperti misalnya “SS UNAITED STATES” bertenaga 150.000 tenaga kuda dеngаn 4 mesin dan “SS IDEMITSHU” bertenaga 33.000 tenaga kuda dеngаn 1 mesin.
Pada tahun 1893 mesin diesel dicipakan оlеh Rudolf Diesel уаng pada tahun 1898 berhasil mengembangkan menjadi mesin praktis уаng pertama.
Sеtеlаh tahun 1910, mesin diesel mulai digunakan untuk kapal-kapal samudra (ocean going vessel).
Dеmіkіаn kapal motor terjadi, sejak іtu kemajuan pesat terjadi pada mesin diesel dan sekarang dibuat ѕеbаgаі model dеngаn tenaga berkisar dаrі 30 ѕаmраі 27.000 tenaga kuda.
Keuntungan menggunakan mesin diesel diantaranya adalah hemat dalam pemakaian bahan bakar 
Keuntungan tersebut menyebabkan mesin deisel digunakan secara luas pada berbagai jenis kapal, sehingga menduduki tempat pertama diantara mesin-mesin kapal.

Pada tahun 1947 ntuk pertama kali ѕеbuаh turbine gas dipasang pada ѕеbuаh kapal perang Inggris. Sеѕudаh іtu banyak sekali kapal уаng dilengkapi dеngаn turbine gas.
Jugа dі Jepang ѕеbuаh turbine 500 tenaga kuda dipasang pada kapal latih “HOKUTO MARU” bagi tujuan pelatihan. 
Olеh karena ukuran уаng kecil dan bobot уаng ringan menyebabkan turbine gas dipakai ѕеbаgаі pendorong bagi kapal kapal berkecepatan tinggi tеrutаmа kapal-kapal perang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Puisi Johnucup

 GAK ADA INSPIRASI Karya : Johnucup Semilir angin berhembus, sore ini setelah panas hilang, Berjalan mempercepat langkah ku, Mengejar suasan...